Cara membuat report menggunakan py3o

Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh


pada kesempatan kali ini saya kana membagikan cara membuat report menggunakan py3o. Pertama-tama kita download dulu modul nya di odoo apps. Pada Odoo apps cari modul dengan nama Py3o report engine.

Lalu kita install library python yang diperlukan yaitu py3o.template dan py3o formats.



setelah itu kita dapat mengikuti petunjuk penggunaan atau panduan yang ada di halaman odoo apps dari report py3o : https://apps.odoo.com/apps/modules/16.0/report_py3o. Contohnya pada petunjuk tersebut kita dapat mereplace report invoice default dengan membuat action seperti sebagai berikut:


<record id="account.account_invoices" model="ir.actions.report">

    <field name="report_type">py3o</field>

    <field name="py3o_filetype">odt</field>

    <field name="module">custom_report</field>

    <field name="py3o_template_fallback">report/account_invoice.odt</field>

</record>

format dari report dapat kita tentukan melaui py3o_filetype, dapat diisi dengan odt atau pdf. Module diisi dengan custom module yang kita buat. Sementara py3o_template_fallback diisi dengan path tempat kita menyimpan file odt. Disini kita masukan ke dalam folder report di dalam module kita.




Untuk cara pembuatan dan format reportnya kita dapat melihat dokumentasi dari py3o di link sebagai berikut : https://py3otemplate.readthedocs.io/en/latest/index.html# atau kita juga dapat melihat contoh template report yang sudah disediakan di repo github berikut : https://github.com/akretion/odoo-py3o-report-templates .





Cara Install Odoo 16 Pada Macbook Air M1