Cara Membuat Underline Pada Field Required Odoo16

Bismillaah.
Assalamu'alaikum, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tips soal cara membuat underline pada field yang required pada Odoo16.
Karena UI pada Odoo16 kurang jelas untuk mana saja field yang harus diisi, maka solusi yang biasa saya gunakan adalah dengan membuat style agar field yang required menjadi underline.

ini contoh field yang belum di kustom:

seperti pada field name ini, dia harusnya required namun tidak ada flagging atau tanda yang pasti apakah dia field biasa atau required, maka setelah saya buat underline untuk menandakan bahwa dia required akan menjadi seperti ini:

terlihat jelas perbedaannya bukan ? dan menariknya ketika hal ini di implementasi juga akan mempengaruhi field required yang ada di line seperti berikut:

berikut adalah kodingan sederhananya:

baik sekarang mungkin penjelasan singkat yang bisa saya berikan.
jadi o_required_modifier dan o.input adalah field yang bertipe untuk required yang field yang digunakan untuk isian, untuk underline sendiri saya menggunakan style border-bottom dengan ukuran 6px (piksel) solid agar line penuh dari ada $o-main-text-color supaya warna untuk border nya kita sesuaikan dengan warna tema kita, yang terakhir ada !important yang berfungsi agar style yang kita kustom ini menjadi prioritas tertinggi sehingga tidak akan ditimpa oleh style lain, yang artinya kitalah yang menimpa style yang mungkin sudah ada.

sebenarnya dalam hal ini sangat fleksibel yaa, kita bisa mengkustomnya sedemikian rupa, tinggal kita sesuaikan saja kebutuhan yang kita perlukan, berikut contoh contohnya:

maka outputnya akan menjadi:

ohiya dan 1 lagi untuk penjelasannya mengenai path dan folder mana ini di tempatkan.

ini adalah contoh path yang bisa kalian tiru, saya membuat folder baru yakni static dan scss karna formatnya scss, kemudian tak lupa juga untuk mendeklarasikan ini pada manifes dengan menambahkan asset.

dan mungkin saya ingin memberikan referensi pada artikel ini, karna barusan saya juga sedikit mencontek format pada odoo original:

Terima kasih, semoga bermanfaat.




Demo Penggunaan Module ab_convert
Module yang berfungsi untuk konversi format dokumen