Cara Mendefinisikan SearchView di Odoo14

Assalamu'alaykum warohmatulloh wabarokatuh..
Segala puji bagi Allah
yg telah memberikan saya dua nikmat yg seringkali terlupakan yakni nikmat sehat dan sempat sehingga saya bisa menulis blog ini. Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada Rasulullah Muhammad .

Baik disini saya akan berbagi ilmu tentang bagaimana cara mendefinisikan search view di Odoo14, maksudnya adalah menampilkan search bar dan menjalankan fungsi dari search bar tersebut. Di dalam search view ada tiga tag / komponen, yakni :

1. Field

    Tag yg digunakan untuk menambahkan parameter field sesuai dengan yg dibutuhkan. Di tag ini bisa diberikan beberapa attribute diantaranya,

Name : isinya nama dari field

filter_domain : isinya adalah sebuah domain untuk melakukan filter data

String : isinya adalah Nama yg akan ditampilkan di suggestion search

2. Filter

    Elemen yg digunakan untuk menambahkan parameter filter pada button Filters. Di tag ini bisa diberikan beberapa attribute diantaranya,

Name : isinya nama dari field

domain : isinya adalah sebuah domain untuk melakukan filter data

string : isinya adalah Nama yg akan ditampilkan di dalam button Filters

3. Group

Elemen yg digunakan untuk menambahkan parameter filter pada button group by. Sebagai optional dalam tag group bisa ditambahkan attribute seperti expand dan string. Attribut expand memiliki dua value yaitu 0 atau 1 (False / True) yg artinya jika valuenya 0 maka Group tersebut tidak tampil bila tidak ada datanya.

Berikut codingan nya,


pada screenshot tersebut saya memanfaatkan Odoo Snipet dimana ketika saya ketikan search akan muncul suggestion search view dan ketika saya pilih maka akan otomatis generate template dari search view itu sendiri yg kemudian nantinya tinggal menyesuaikan id dan modelnya.

Lalu untuk membuat search bar diawali dengan tag search kemudian di dalamnya bisa memasukan 3 komponen diatas yaitu field, filter, dan group.

Untuk membuat List Group by diawali dengan tag group yg kemudian di dalam nya ditambahkan filter sesuai dengan kebutuhan yg di tag tersebut juga memiliki beberapa attribute tambahan seperti context yg isinya key – group_by dan valuenya nama dari field. Kemudian attribute groups isinya adalah group user (hak akses user) yg gunanya untuk membatasi hak akses pada user tertentu.

Jika odoo dijalankan dg script seperti screenshot diatas, maka akan otomatis ada di data Views tepatnya di menu Setting>Technical>User Interface>Views (Pastikan dalam debug mode). Dan akan muncul seperti ini

Dan hasil search view nya,

a.     Hasil dari komponen field

b.    Hasil dari komponen filter

 

c.      Hasil dari Komponen Group

 




Cara Reset Password admin jika lupa password bisa untuk Odoo 12,13, 14 & 15