Mass Editing on Odoo V14 CE
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Bismillah...

Pada kesempatan kali ini mimin akan membahas mengenai Mass Editing pada Odoo V14 Community Edition.

Secara umum fungsi dari Mass Editing adalah ;
1. Yang pertama teman-teman dapat menambah, memperbaharui, atau menghapus nilai lebih dari satu record secara bersamaan.
2. Kemudian teman-teman juga dapat mengkonfigurasi pengeditan massal untuk object apa pun pada Odoo.

Pasti teman-teman pada penasaran kan bagaimana cara menggunakan Mass Editing pada Odoo teman-teman, kebetulan mimin disini mensimulasikannya menggunakan Odoo V14 Community Edition.

Yuks mari langsung saja kita simulasikan.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut ;
1. Temen-teman harus menginstall module mass_editing terlebih dahulu ya.
2. Setelah teman-teman berhasil menginstall module mass_editing, kemudian kita simulasikan.
3. Kemudian teman-teman cari dengan mengetik kata Server Actions atau masuk ke menu Settings/Technical/Actions/Server Actions



4. Kemudian klik button "Create"



5. Setelah itu teman-teman buat sesuai dengan kebutuhan, contoh disini mimin mengisi field Action Name, misal Mass Editing Products, kemudian isi field Model, misal Product Template, kemudian isi field Action To Do dengan memilih Mass Edit Records, setelah itu isi field pada line yaitu Product Category (product.template) karena disini mimin akan memperbaharui isi yang ada di dalam field Product Category, jika sudah maka langkah yang terakhir adalah teman-teman klik button Create Contextual Action kemudian Save.




6. Jika sudah maka nanti secara otomatis akan muncul pada menu button Action pada tampilan list products dengan menchecklist product yang akan kita Create, Update, atau Delete records nya sesuai dengan kebutuhan teman-teman ya. Mimin disini akan mengupdate isi dari field Product Category.




7. Kemudian isi Set dan All/Other setelah itu klik button Apply




8. Nanti secara otomatis isi pada field Product Category yang semula adalah All/Other/Material kemudian setelah diupdate, maka menjadi All/Other. Hal ini akan sangat efisien jika teman-teman memiliki banyak products seperti ratusan bahkan ribuan products. Dengan menggunakan Mass Editing maka teman-teman dapat Create, Update, bahkan Delete record dari field yang teman-teman butuhkan.





Sekian dari mimin ya teman-teman,, :)
Semoga bermanfaat. 





Reset Data Transaksi DB Odoo Big Data