Merubah Nama Hari dan Bulan Menggunakan Bahasa Indonesia
Merubah format tanggal pada print PDF dengan Bahasa Indonesia

Bismillaah..
Pada kesempatan kali ini saya akan sharing ilmu perihal set locale indonesia yang tujuannya nanti pada saat melakukan print PDF format tanggalnya berbahasa indonesia (baik nama hari dan bulannya), seperti yang saya ketahui pada default odoo 14 ketika membuat report pdf format tanggalnya adalah berbahasa inggris. 
Nah, pada kasus yang saya jumpai di projek UMB adalah ketika ada kebutuhan menampilkan format tanggal nama hari dan bulannya berbahasa indonesia. 


Gambar diatas adalah hasil PDF dari Purchase Order belum sesuai permintaan user (format tanggal masih berbahasa inggris)

Baik, cara untuk merubah format tanggal menjadi bahasa indonesia adalah:

Masukkan script dibawah ini ke dalam file yang ada di ab_purchase_order/models/purchase_order.py (letakkan sebelum anda mendeklarasikan class atau model)


Sebelum itu, tambahkan import tools pada dari odoo dan juga import locale agar tidak terjadi error pada script diatas, lalu pada function get_locales masukkan parameter kode locale indonesia yaitu id. Setelah itu jalankan odoo nya di lokal...


Dan hasilnya akan seperti ini, format tanggal sudah berubah menjadi berbahasa indonesia.

Namun, hasil diatas belum bisa jalan ketika anda pull ke server, maka dari itu anda harus generate locale indonesia terlebih dahulu, dengan cara anda login ke server via terminal.. kemudian masukkan perintah ini sudo dpkg-reconfigure locales hingga muncul tampilan seperti ini


setelah itu generate locale id_ID UTF-8 kemudian klik enter kalau berhasil akan muncul pesan bahwa "generation complete".. Lalu coba anda jalankan server via website dan insyaAllah hasilnya sudah sesuai.

BarakaAllahu fiykum. Semoga bermanfaat.




Membuat Timestamp Pada Log Odoo Sesuai Timezone