Reset Data Transaksi DB Odoo Big Data
Bismillah,
Assalamu'alaikum Warohmatullah Wabarokatuh,

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit tips terkait database postgresql, yaitu cara melakukan reset database yang sudah banyak datanya.

Postingan ini saya tulis karena berdasarkan pengalaman yang saya alami ketika melakukan reset database, biasanya untuk melakukan reset database kita menggunakan App Odoo Customize, tapi karena databasenya sudah jalan 8 bulan dan setiap hari selalu ada transaksi sehingga menjadi big data dan ketika data akan direset proses-nya berjalan sangat lama bahkan lebih dari 2 jam pun belum selesai.

sebenarkan bisa kita lakukan query truncate cascade di postgres-nya tetapi semua data dari table - table core di odoo terhapus, sedangkan yang kita butuhkan hanya untuk menghapus data transaksi saja.

konsep reset App Odoo Customize adalah menggunakan query delete, ketika saya coba juga di postgresnya menggunakan query delete prosesnya pun juga lama.

Setelah googling, alhamdulillah akhirnya saya menemukan penyebab dan solusinya.

penyebabnya karena banyaknya constrains pada table - table yang ada, sehingga membuat proses delete-nya menjadi sangat lama. solusinya adalah dengan menonaktifkan constrains nya, kemudian lakukan delete pada table yang dituju dan yang terakhir mengaktifkan kembali constrainsnya. Tapi jika kita lakukan dengan cara ini, maka data di table itu saja yang akan terhapus sedangkan table lain yang berelasi ke table yang kita hapus tidak akan ikut terhapus datanya.

Berikut query nya :

ALTER TABLE nama_table DISABLE TRIGGER ALL;
DELETE FROM nama_table;
ALTER TABLE nama_table ENABLE TRIGGER ALL;


Terima kasih, semoga bermanfaat.
Kahfi
Wassalamu'alaikum Warohmatullah Wabarokatuh,




Cara Menambahkan Fitur Archive & Unarchive Odoo14
HOW TO ADD ARCHIVE AND UNARCHIVE OPTION IN ODO